Bedevilled (2010) : Tipisnya Perbedaan Desa dan Kota

http://www.filmlinc.org/wp-content/uploads/2015/07/bedevilled_film.jpg

 Bedevilled // 2010 // Sutradara : Jang Cheol-Soo, Korea Selatan // Pemain : Seo Young-Hee, Hwang Geum-Hee, Bae Sung Woo, Park Jeong Hak
 


Film ini dibuka dengan pemandangan satu jalanan di kota Seoul dimana keramaian terlihat : daerah pertokoan, klub, banyak orang-orang berlalu lalang dan mobil yang melintas padat. Tapi dalam keramaian itu pula satu peristiwa terjadi, seseorang meminta bantuan dan tidak ada yang mempedulikannya. Tokoh utama kita, Hae Won (Ji Sung Won) juga memilih cara serupa : ia menutup kaca mobil dan segera menyetir mobilnya tanpa ragu.

Pembukaan film ini amat baik bukan saja untuk memperkenalkan sikap yang diambil protagonis kita namun potret sebuah lingkungan perkotaan yang sibuk dan melahirkan orang-orang dingin tanpa empati. Ada anggapan bahwa kota besar dan lalu lintas macet yang membuat harus menunggu berjam-jam membuat kita tidak lagi memikirkan hal lain selain menuntaskan pekerjaan lalu sampai ke rumah dengan tenang. Tidak ada waktu untuk melihat sekitar apalagi menolong orang lain yang tidak dikenal. Isu inilah yang tampak dibahas Bedevilled dan dengan amat efektif tergambar pada pembukaannya.

Cerita kemudian bergerak pada saat Hae Won mengambil masa libur ke kampung halamannya di Mudo, sebuah pulau terpencil jauh dari gemerlap Seoul. Disini kemudian kita diperkenalkan dengan Bok Nam (Seo Young Hee) teman masa kecil Hae Won dan kehidupannya yang diperlakukan bak budak oleh suami dan mertuanya sendiri. Kalau pembukaan film ini seperti memperlihatkan opini umum tentang kota besar maka tanpa diduga di Mido, tersembunyi horor yang jauh lebih besar lagi.

http://4.bp.blogspot.com/-HJBVgZ0mEy4/Tbx0UE4l1MI/AAAAAAAACRo/0vRqtoxRA0E/s1600/fwint.com_bedevilled.1080p.bluray.x264-meth.mkv_snapshot_01.16.15_%255B2011.04.30_13.41.20%255D.jpg

Bedevilled karya Jang Cheol Seo adalah satu film yang berhasil mendobrak anggapan naif tentang desa-kota bahwa desa (mungkin dalam film ini lebih tepat disebut pulau kecil) selalu adalah tempat damai yang manusiawi dan kota adalah selalu raksasa yang berbahaya. Seoul ibarat Jakarta adalah center---ibukota yang penuh mimpi dan harapan namun bukan lagi kejutan baru melahirkan keterasingan dan kesepian pada diri penduduknya. Sementara pulau Mudo seperti memutarbalikkan anggapan "yang jauh dari kota lebih tenang dan lepas dari kebiadaban" dan menampar penonton dengan fakta mencengangkan.

Perilaku orang-orang di pulau Mudo mungkin akan mengejutkan kita dan kenyataan pahitnya adalah hal seperti itu memang ada di dunia nyata. Potret masyarakat misoginis dengan latar pendidikan minim nampak sama mengerikannya dengan potret kekerasan dan kejahatan di kota besar seakan menjelaskan bahwa mungkin begitu tipis perbedaan antara desa dan kota. Tidak ada tempat aman di dunia ketika semua amat tergantung pada faktor sosial dan budaya di sekitar. Pada kenyataannya semua orang seperti sedang lari dari kekerasan di lingkungannya masing-masing, persis yang tergambar di film ini.

Bedevilled penuh darah, sadisme beserta babak “lari dan sembunyi dari kejaran pembunuh” seperti thriller-thriller pada umumnya. Perbedaan jelas dari thriller kebanyakan dan film ini adalah Bedevilled tak hanya sekedar menjual keseraman dan ketegangan melainkan punya cerita, karakter kuat dan bahkan pesan mendalam. Pada akhirnya, Bedevilled seperti menyampaikan pesan bahwa terkadang kita baru memiliki sisi manusiawi lagi ketika dipaksa mengalami tragedi itu sendiri. Film yang sayang untuk dilewatkan. 

 

Comments

  1. Saya suka film ini krn temanya, yg terlihat remeh. Tema yg sering dipakai ftv keluarga indosiar.. Mangkanya saya kegirangan ketika pembalasan dendam Bok-Nam, sambil membayangkan tokoh istri tertindas versi tv lokal bisa melakukan hal yg sama. Haha. Hanya saja, menurut saya adegan ketika Bok Nam turun dari kapal menuju seoul--yg langsung berpindah ke kantor polisi sedikit ambigu.. seperti mimpi.

    ReplyDelete
  2. Adegan turun dari kapal menuju Seoul memang agak aneh terutama karena babak pembalasan dendamnya sudah habis-habisan. Tapi saya maafkan karena kesimpulan akhir filmnya menarik :)

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya bukan cuma itu yang sangat mengusik saya, adalah Hae Won. Atas kejadian yg menimpa Yeon-hee.. Setelah sebelumnya mereka sangat akrab seperti ibu-anak. Masih juga diam--tutup mata? Seburuk itukah kehidupan di kota? Krn menurut saya, sangat jelas sekali kepribadian Jong bersaudara, dan penduduk pulau Mudo terpengaruh bencana yg pernah terjadi di pulau sebelumnya. Btw, ulasan kamu menarik sekali :)

    ReplyDelete
  4. Bedevilled // 2010 // Sutradara : Jang Cheol-Soo, Korea Selatan // Pemain : Seo Young-Hee, Hwang Geum-Hee, Bae Sung Woo, Park Jeong ...
    ผลบอล

    ReplyDelete

Post a Comment