Resensi : Dewa dan Kualitas Bintang Lima

Berkas:Bintang Lima.jpg


  Dewa  (Album : Bintang Lima) // 2000 // Aquarius Musikindo // Produser : Ahmad Dhani

"Hawa tercipta di dunia untuk menemani sang Adam. Begitu juga dirimu tercipta tuk temani aku." 

"Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta kepadaku."



Rasanya pelit juga menghadiahi album ini rating 4 sementara judul albumnya Bintang Lima. Secara kualitas Dhani benar, kualitas yang ditawarkan album ini memang bintang lima. Bukan sebuah proses asal jadi dan semua lagu-lagunya bertahan ditelinga saya.

Sulit untuk saya menulis resensi album ini tanpa mengambinghitamkan pengalaman personal. Bahwa lagu-lagu di album ini semisal Separuh Nafas, Risalah Hati, Roman Picisan adalah anthem saya semasa bocah yang dulu tidak sengaja mampir ditelinga saya : baik diputar di radio atau televisi atau jadi soundtrack sinetron dan FTV. Jadi kini, ketika saya mengadakan reuni lagi dengan album ini----sulit untuk tidak berdendang keras-keras, membedah lirik-liriknya yang indah, nomor-nomor puitis macam Roman Picisan dan Dua Sejoli. Untuk Dua Sejoli, saya bahkan menyebutnya sebagai salah satu lagu gombal terbaik yang pernah ada.

Track dibuka dengan sebuah mukadimah berjudul Mukadimah, yang merupakan mukadimah yang cukup baik. Track ini penyambung nyawa lagu berikutnya, Roman Picisan. Menarik juga membedah lagu ini karena tidak sesuai dengan judulnya, liriknya sama sekali tidak picisan, malah mungkin salah satu lirik paling nyastra di tengah seringnya lagu-lagu Indonesia jaman sekarang yang liriknya mampet sekali. Buat saya lagu Indonesia, yang interpretasi liriknya sampai harus didengarkan berkali-kali membuktikan bahwa lagu itu tidak sembarangan. Ini salah satunya. Memasuki nomor Dua Sejoli, saya sudah bikin analisisnya di tulisan lain, tapi sekedar mengatakan lagi bahwa ini salah satu nomor terfavorit saya di album ini, karena lagu ini gentle tapi juga bisa manis. Jantan tanpa harus merengek. Misterius tapi romantis. Ahmad Dhani saya akui memang jempolan untuk urusan memoles lagu dengan lirik pas disini.

Setelah terlena dalam Dua Sejoli, ada Risalah Hati. Yang ini sudah tidak usah diragukan lagi kemagisannya. Tanyakan saja pada kaum cinta bertepuk sebelah tangan, betapa lagu ini sangat diagungkan dan mewakili diri mereka. Lagu ini begitu proporsional dari suara Once, suara Dhani yang melatari sampai bahkan pada bagian backing vocal Shanty di akhir lagu yang semuanya begitu saling melengkapi.

Berikutnya, setelah usai digempur track-track empuk nan adem, berturut-turut Separuh Nafas, Cemburu, Hidup Adalah Perjuangan akhirnya keluar memeriahkan suasana. Leher saya tak henti angguk-angguk, tanda begitu menikmati setiap lembar iramanya. Aroma-aroma ala Risalah Hati muncul lagi pada Lagu Cinta dan Cinta Adalah Misteri tentu dengan eksplorasi musik yang berbeda lagi. Yang istimewa adalah Sayap Sayap Patah, dimana kuasa Dhani bisa akur beradu dengan suara Once yang tentunya sudah tidak diragukan lagi kekuatan vokalnya. Sebagai penutup, 1000 Bintang sebagai bibit asal dari Roman Picisan. Penutup yang syahdu dan sempurna.

Track list :
  1. "Mukadimah"
  2. "Roman Picisan"
  3. "Dua Sejoli"
  4. "Risalah Hati"
  5. "Separuh Nafas"
  6. "Cemburu"
  7. "Hidup Adalah Perjuangan"
  8. "Lagu Cinta"
  9. "Cinta Adalah Misteri"
  10. "Sayap-Sayap Patah"
  11. "1000 Bintang"
 Memorable recommendations Roman Picisan, Dua Sejoli, dan  Risalah Hati.


Comments