Resensi Buku : Breakfast At Tiffany's (1958) - Truman Capote


Breakfast at Tiffany's

Breakfast At Tiffany's (1958)
Penulis : Truman Capote
Penerbit : Serambi

 
Awalnya terasa kaku dan membosankan, konflik yang dibangun seputar Holly Golightly terasa melelahkan, namun menuju pertengahan struktur cerita mulai terarah dan cuap cuap tokoh Fred semakin seru untuk diikuti. Sampai kebagian terakhir, akhirnya kita pun larut mengikuti ceritanya, ditutup dengan sebuah ending yang realistis.


Bahasa terjemahannya lumayan, kalau dibandingkan Wizard Of Oz, sang penerjemah seperti tetap mengizinkan 'nafas' Truman Capote tercium sepanjang karangan----sesuatu yang jarang dilakukan penerjemah lain. Trivia trivia detil tentang Breakfast At Tiffany's diakhir-akhir halaman juga seperti membantu pembaca untuk memaknai betapa menariknya buku ini, sehingga Breakfast At Tiffany's adalah contoh yang tidak buruk untuk dibaca dalam versi novel terjemahannya.

Akhir kata, mulanya sulit untuk beradaptasi pada alam kata-kata Breakfast At Tiffany's versi terjemahan, namun cukup menarik mencoba menyelami dunia Holly Golightly ditahun 50'an dalam pandangan mata seorang Truman Capote.


Comments