Review : You Again (2010)


Directed by Andy Fickman // Cast : Kristen Bell, Odette Annabelle, Sigourney Weaver, Jamie Lee Curtis // Comedy-Drama/ Family


You again awalnya muncul dengan sebuah premis yang menarik : seorang wanita yang punya masa SMA buruk harus menghadapi kenyataan bahwa calon iparnya adalah orang yang mem-bully-ingnya ketika SMA.
Konflik ini terasa bagus untuk dijadikan sebuah cerita film, tapi sepertinya kendali dari buruknya "klise ala hollywood" menjadi beban film ini, sehingga premis yang cukup baik itu dibuang begitu saja untuk keperluan genre chick-flick khas Hollywoodnya. Kekonyolan demi menghibur penonton? 
Sayangnya You Again cukup menaruh ekspekstasi tinggi diawal-awal---semua berjalan semestinya sampai akhirnya semakin menuju ke klimaks semua kehancuran itu mulai terasa, dan ya, KLISE.


Skenario yang mulanya benar dan biasa saja berubah tumpang-tindih semakin konyol----(ternyata perkara dendam-semasa-SMA tidak hanya antara Marny-Joanna tapi juga terjadi secara bersamaan pada si ibu Marny)---- eksekusi adegannya pun tak kalah membuat film ini terasa menyebalkan. Makin ke ujung semua hal yang terasa benar di film ini makin kelihatan murahannya. Masa SMA Marny yang disajikan sangat malang tanpa konklusi yang jelas, Joanna yang mulanya memancing emosi sebagai si tukang bully-ing (dan tetap terlihat seperti itu) konflik ibu Marny dan bibi Joanna yang malah bukannya menghibur malah bikin risih-----semua tampak hanya seperti kekonyolan yang worthless.
Semua yang menarik berubah cheesy. Semua yang mestinya serius dan berkesan menjadi cheapy dan mudah ditertawakan. Apakah semudah itu semua masalah dibuat dan diselesaikan?  You Again adalah contoh sempurna dari kesalahan itu.

Note : Endingnya tambah super ridiculous. Trust me.

Rate : 1/5
Start with a good premise, and throw us away to the worst cheap conclusion. Forget it.

Comments