Readers

Resensi : RAN, Musikalitas Segar Khas Anak Muda

Berkas:Ran- For Your Life.jpg 


RAN  (Album : RAN For Your Life) // 2008 // Universal Music Indonesia //

"Oh, oh, Tuhan tolong diriku. Tuk' membuat ia mejadi milikku, sayangku, kasihku, oh cintaku, she's all that i need."




Seingat saya, RAN menjadi newcomer ketika saya ABG, tepatnya SMP menjelang masa SMA. Dan jujur dulu saya tidak pernah suka mereka ataupun lagu mereka yang meledak berjudul Pandangan Pertama itu. Tapi saya harus mengakui, setelah enam tahun berselang dan fokus saya semakin ramah ke musik Indonesia, RAN ternyata punya musikalitas yang bagus dan menjanjikan. 


Iseng mendengar Pandangan Pertama, ternyata bikin saya mengunjungi kembali memori jaman ABG dimana lagu-lagu RAN dimasa itu cuma sebatas lewat dengar saja. 


Track pertama dibuka dengan Warna-Warni Dunia, aroma pop R&B yang kental. Yang lucu dari lagu ini ada lirik “Yeah, when I saw you on friendster//Then I added you as my friendmenandakan bahwa album musik dibuat di era ketika Friendster masih belum kolaps. Track disambung dengan Pandangan Pertama, single pertama sekaligus mungkin memang lagu terbaik di album ini. Saya pernah menulis ulasannya secara singkat untuk Souja sebagai salah satu lagu rekomendasi yang bagus didengar saat macet atau bad mood, karena memang lagunya catchy sekali. Apa ya, saya dapat kesan anak mudanya dari suara Nino yang terdengar begitu bersemangat dan rap asyik Rayi, musiknya segar, liriknya juga khas mewakili jiwa anak-anak muda kota besar golongan usia 17-23 tahun yang doyan nongkrong di mall-mall gaul dan ngopi di Starbucks (abaikan saja kalimat ini!).

Oh ya saya pernah menyebutkan bahwa Pandangan Pertama punya dua versi, yang satu lebih kental jazz-nya yang satu lebih nge-beat. Saya lebih suka versi beat karena lebih cheerful dan setiap dengar ini selalu bikin saya jadi ikut nyanyi. Entah ini berlebihan atau apa tapi suara Nino di lagu ini terdengar optimis dan begitu riang, seakan-akan dia benar dimabuk cinta dan saya juga ikut ketularan kena virus mabuk cintanya. Lagu bagus yang bisa bikin semangat.


Hanya Untukmu menyambung cerita mabuk cinta Nino di lagu Pandangan Pertama. Penuh warna. Kalau suka Pandangan Pertama, pasti juga akan suka lagu ini. Segar dan asyik.

D’ Inspiration menghadirkan vokal Rayi dan memberikannya ruang yang lebih luas bukan saja untuk menjadi rapper. D’Inspiration juga merupakan salah satu lagu favorit saya yang menenangkan  dan enak didengarkan sambil seruput-seruput kopi panas. Manis dan pas. 


Kembali juga oke, tapi Selamat Pagi-lah obat penyegar yang benar-benar segar setelah Pandangan Pertama dan Hanya Dirimu. Saya pernah lihat music video-nya yang mengambil nuansa liburan di pantai, dan memang lagu ini cocok sebagai lagu penyambut pagi. Riang, tanpa beban, fun. Ada adonan reggae yang membuat holiday theme-nya terasa sekali. 


Berbicara kembali tentang cinta lewat Auramu, Let Me Be, Warnai Malam Ini, ada pula track adem berjudul Nothing Lasts Forever. RAN For Your Life kemudian ditutup dengan Lagu Untuk Riri, satu-satunya track melankolis di album ini. Sebagai satu-satunya lagu sendu di album yang kesepuluh track lainnya ceria dan berwarna, Lagu Untuk Riri mungkin lebih seperti personal tribute RAN yang didedikasikan pada teman mereka yang bernama Riri. Cukup sendu.


Overall, album yang dirilis tahun 2008 ini punya pengerjaan yang niat dan maksimal. Banyak album kelompok-kelompok band lain yang cuma dua-tiga track yang bagus, yang lainnya cuma sebagai penghias biar keseluruhan track bisa jadi album. RAN For Your Life bukan seperti itu. Saya bisa membaca apa personality yang ingin disampaikan RAN di album debutnya ini untuk dikenal pendengar musik : sajian pop r&B dan jazz segar berjiwa anak muda, ceria, berwarna, yang optimis, yang mengasyikkan, yang bersemangat. Semuanya enak dan keseluruhan materinya menarik. A good start, RAN. 


Track list :
  1. "Warna Warni Dunia"
  2. "Pandangan Pertama"
  3. "Hanya Untukmu"
  4. "D' Inspiration"
  5. "Kembali"
  6. "Selamat Pagi"
  7. "Auramu"
  8. "Let Me Be"
  9. "Warnai Malam Ini"
  10. "Nothing Lasts Forever"
  11. "Lagu Untuk Riri"

Memorable recommendations Pandangan Pertama, Hanya Untukmu, D’Inspiration, Selamat Pagi


 







Comments

Other side of me

My MUBI

In Theaters