Readers

Kpop Report of The Month : H.O.T, 4Minute, Tony An, After School, 2NE1, EXO, ZE:A, B.T.O.B, 2PM

"HAVE FUN WITH US! EXPLORE OLD K-POP WITH US!"

Menulis resensi adalah salah satu kegiatan termalas untuk dilakukan di sela padatnya kerjaan, waktu tidur dan waktu untuk menonton film. Tapi akhirnya sempat tak sempat saya membuat sedikit catatan tentang ulasan musik yang saya dengarkan beberapa minggu ini. Harap dimaklumi artikel ini memang khusus aliran k-pop, semoga selebihnya bisa menjadi rekomendasi. Mulailah buka telinga, buka hati, jangan judge k-pop ya anak-anak yang baik :p





 H.O.T  (Album : We Hate All Kinds of Violence  / SM Entertainment / 1996) 

Diambil dari album pertama boyband H.O.T (singkatan dari High Five of Teenagers) yaitu We Hate All Kinds of Violence, Candy terdengar menggemaskan saat pertama kali didengar. Masing-masing personil mengisi lagu dengan pembagian sesuai keunggulan masing-masing, dimana Kang Ta yang memegang posisi lead vocal punya bagian lebih, sementara Woo Hyuk pada porsi rap dan suara Tony An yang khas ditempatkan secara proporsional pada reff. Bila menilik pada lagu-lagu Super Junior dan kawan-kawan SM dewasa ini, wajar Candy menjadi sebuah anthem klasik di peta sejarah K-Pop. Candy merupakan amunisi teen pop 90an yang manis, mudah menempel dikepala dan membuat candu berulang-ulang mendengarkannya. Baik lagu dan MV-nya sendiri mempresentasikan sisi cute H.O.T sebagai boyband periode pertama untuk teenagers. Untuk lagu lain sebenarnya tidak ada yang begitu seistimewa Candy, tapi Warrior's Descendant memiliki ramuan musik yang unik (sebagai info, lagu ini dituduh sebagai plagiat karena memang saat mendengarkan lagunya mengingatkan pada musik musisi lain tapi saya sendiri lupa siapa, mungkin ada yang pengetahuan musiknya lebih luas bisa menyebutkan siapa?) lepas dari itu, yang satu ini adalah alternatif asyik diluar kemasan Candy yang imut. Terlihat album perdana ini seperti ajang eksplorasi musik meski jatuhnya tetap aman di pakem boyband rasa 90an. Bukan album terbaik memang, tapi tetap masuk kategori lumayan.

Memorable recommendations : Candy, Warrior's Descendant, As Much As I Loved You, Your Image In The Sunset

video

P.S : Di Youtube, banyak boyband-girlband yang meng-cover ulang lagu Candy. Yang paling bagus (tentu) adalah versi Bigbang. Bisa tonton disini





 
4Minute  (Album : Volume Up  / Cube Entertainment / 2012)

4Minute, adalah bahan percobaan lain lagi buat saya. Mendengarkan mini album Volume Up ternyata adalah kejutan menyenangkan. Lebih dari itu, eksperimen yang dihasilkan secara keseluruhan boleh juga. Volume Up adalah lagu yang menurut saya memang mendefinisikan K-pop semestinya : membuatmu bergoyang dan bernyanyi. Lagu ini memiliki rasa lain dengan penambahan suara saxophone-nya sebagai latar yang adalah sebuah eksperimen unik. Volume Up tak hanya catchy dan upbeat tapi di sisi lain menjadi berkelas, sensual dan mewah. Track lain di album ini juga tidak mengecewakan, dengarkan I'm Ok,  pop ballad sentimental yang mengeksplorasi kekuatan vokal para personilnya, atau track Dream Racer yang mengundang aroma pop-rock menjadi tamu yang kompak dan solid. Ucapan "Don't judge song by its girlband" pas untuk saya yang mulanya mengira kemasan 4minute tak menarik dan sama saja dengan girlband-girlband lain. Nice try.

Memorable recommendations : Volume Up, Dream Racer, I'm Ok, Say My Name


Karena kecanduan pada H.O.T juga saya pun mengunduh secara random lagu-lagu salah satu personilnya, Tony An. Untuk yang sudah kecanduan lagu Candy, mungkin akan merasakan seperti saya dimana suara Tony An di reff lagu itu terasa sangat menempel di ingatan dan telinga (berlebihan shay) (padahal memang suka si Tony sih shay) tapi ya sudahlah, memang suaranya sangat nyaman dan khas untuk didengar.

Tony An (Album : I'm Tony An / TN Entertainment / 2013 )

Hanya terdapat 4 lagu di mini album ini plus satu tambahan lagu yang  merupakan instrumen dari track pertama yaitu Just Until Here. Mengawali dengan pop ballad yang kental dan beraroma melankolis, Just Until Here adalah start pelan sebelum On A Day Like Today (feat. Eun Ji Won) bersikap sebaliknya, sebuah lagu cinta yang cerah dan bersemangat. Sebenarnya jagoan di album ini adalah Beautiful Girl, namun saya malah langsung jatuh cinta saat mendengar track On A Day Like Today untuk pertama kalinya, entah karena menurut saya racikan musiknya pas atau sejenak merasa gerah dan ingin lepas dari ragam dance-electro-kpop seperti biasanya. Untungnya, Tony tahu bahwa memang vokalnya lebih pas untuk lagu-lagu cinta yang optimis semacam On A Day Like Today, sehingga pada track selanjutnya With You, adalah pengulangan senada namun tetap menyenangkan untuk didengar. Beautiful Girl malah berada di pilihan terakhir favorit saya karena merasa lagunya mirip-mirip Baby - Justin Bieber walau tetap tak buruk. Well, sangat bahagia mengetahui vokal Tony An tidak hanya sebaik saat menyanyikan reff Candy, album ini salah satu bukti nyatanya. Good job oppa!

Memorable recommendations : semua, terutama On A Day Like Today.



P.S : Bila menyukai On A Day Like Today dan keseluruhan lagu di album ini, boleh mencoba Blue Sky dan Yutzpracachia`s love yang juga sama sama beraliran "lagu cinta optimis". Blue Sky membuat tentram dan bisa menjadi lagu pengantar tidur yang baik.


Beranjak dari H.O.T, Tony An dan 4Minute, jangan lupa juga Exo sudah mulai mengganas dan siap main keras dengan serangan Wolf-nya. 2NE1 juga comeback dengan singlenya Falling In Love. Ada After School yang bernasib sama dengan 4Minute untuk saya : awalnya sama sekali tidak tertarik namun ternyata mereka lumayan mengasyikkan. Ada juga B.T.O.B, ZE : A, 2PM yang mengisi playlist saya secara acak.


After School / Bang! (Single) / 2010
After School, saya hanya mendengar Bang! namun racikan musiknya cukup segar dan menarik. Untuk seseorang dengan selera telinga sudah akrab dengan upbeat tubruk sana-sini ala K-pop, pasti mudah untuk menyukai lagu semacam ini. Mengusung konsep cheerleading dan marching band,  feelnya agak mengingatkan pada Hollaback Girl - Gwen Stefani. Breakdown di pertengahan lagu dengan bagian rap kecil dari Bekah disambung solo vokal Raina dan Kahi adalah part terbaiknya.




http://ohdara.files.wordpress.com/2013/07/2ne1-e28093-e28098falling-in-love_-comeback-teaser.jpg

2NE1 / Falling In Love (Single) / 2013

2NE1 tidak henti-hentinya jatuh cinta. Setelah I Love You, mereka akhirnya kembali pada kemasan gadis-gadis yang swaggy nan eksentrik. 2NE1 sedang ingin santai akhir-akhir ini, itulah kenapa Falling In Love hadir sebagai amunisi yang mudah dicintai. Membayangkan indahnya liburan musim panas atau bersantai di pantai adalah suasana yang berhasil dihadirkan dari lagu ini (penambahan reggae menambah kental unsur itu). A simply lovable beach song. 


http://www.officiallykmusic.com/wp-content/uploads/2013/06/EXO-e1370236542329.jpg
 EXO (Album : Kiss & Hug  / SM Entertainment / 2013 ) 
Ini akan menjadi tulisan panjang. Album Kiss & Hug memang penuh kerja keras yang meyakinkan dari boyband yang bisa dibilang masih dedek-dedek ranum di tingkatan artis-artis SM ini. Dengan kumpulan track yang hampir semuanya adiktif ditelinga, apalagi mengusung konsep dua bahasa yang menurut saya malah membuat tubuh Exo semakin unik dan penuh ragam. Untuk Wolf sendiri, saya rasa semua tidak akan amnesia dengan ucapan "Auuuuu" dan "Saranghaeyo" yang memang rada idiotik namun juga unik. Wolf, seperti judulnya, memang lagu serigala yang ganas, gelap, cekatan dan liar. Pada Baby, Don't Cry yang full  mellow saya rasa lagu ini diciptakan sebagai lagu sentimental untuk fangirl-fangirl ketika bersedih (walau untuk soundtrack bersedih, saya lebih pilih Peterpan). Yang menakjubkan berikutnya adalah Black Pearl, ini adalah lagu yang sedari awalpun sudah memikat dan memorable. Bila ingin mencicipi rasa lain, Exo meminjam suasana One Direction pada track 3.6.5 yang bahkan jauh jauh lebih catchy dan menyenangkan. Track-track yang lain pun bukan hanya sajian selintas, dengarkan Heart Attack, Peterpan, My Lady (Terlebih Peterpan) hampir semua lagu potensial menjadi favorit. Saya pribadi memang butuh waktu untuk bisa pelan pelan jatuh cinta sepenuhnya dengan album ini.



Memorable recommendations : Hampir seluruh lagunya, namun yang paling terbaik versi saya adalah Wolf, Black Pearl, Peterpan.


ZE:A / Aftermath (Single) / 2012
 http://www.kpoplyrics.net/wp-content/uploads/2012/07/zea-aftermath-lyrics-english-romanized-kpop-336x432.jpg?30204c
Mungkin dari segi penampilan, boyband satu ini hampir sebelas-dua belas dengan boyband tanah air kelas dua semacam XO-IX atau siapalah-saya-tak-tahu-yang-lain. MV-nya juga standar saja, bahkan model rambut Kwanghee disana jauh lebih menarik ketimbang MV-nya. Namun saya harus mengakui lagunya enak didengar dan bukanlah sebuah lagu "rata-rata". Bila ada lagu menarik lagi dari ZE:A mari kabari saya. Yang ini lumayan asyik.


 




 B.T.O.B / Wow (Single) / 201
 “B to be back again, B to change the game, Be to catch your swag......” 

Mudah untuk menaruh hati pada lagu ini. Sebuah lagu pesta minum-minum semacam Put Your Hands Up - 2PM yang kompak, sedikit genit namun tetap ramai dan adiktif. Rasa-rasanya tak mungkin susah bergoyang untuk lagu semacam ini.




2PM / All Day Think Of You (Single) / 2013
http://followkhun.com/wp-content/gallery/2pm-a-d-t-o-y-image-cuts/a-d-i-t-o-y.jpg
2PM adalah boyband yang mengusung tema manly, gentle, dan kesininya semakin bertambah matang. Tipe jejaka-jejaka sixpack nan metroseksual begitu. All Day Think of You (atau disingkat A.D.T.O.Y) adalah lagu tipikal 2PM (sudah pernah diusung dari masa I'll Be Back, Again and Again). Saya tidak terlalu sepenuhnya menganalisa 2PM, tapi pribadi menilai masterpiece mereka masih Hands Up yang bahkan pendengar musik non-Kpop pun bisa familiar dan menyukai lagu itu. Untuk A.D.T.O.Y, seperti merunut pada akar album terbaru mereka yaitu Grown (yang artinya matang/dewasa), maka lagu ini pun ikut mendewasa dan juga ehm, seksi. Lihat MV-nya untuk mengamati pinggul-pinggul Wooyoung cs. bergoyang. 





[laporan selesai]

Comments

Other side of me

My MUBI

In Theaters