Readers

Single Review : Gonna Get Over You - Sara Bareilles


Tumben melihat Sara Bareilles seperti ini. Setidaknya buat gue. Dia identik dengan nada-nada lincah dari tuts piano serta corak musik yang ceria maupun bermakna, yang paling gue suka adalah Gravity tapi dalam versi acoustic. Terasa touchy. Padat perasaan.


Terakhir kali gue mendengar lagu seorang Sara Bareilles, adalah Uncharted dengan tekhnik MV yang lumayan seru. Disitu ada beberapa artis----yang paling gue ingat adalah Adam Levine dan Josh Groban, men-dubbingkan suara Sara bergantian dengan mimik muka beda-beda. Dan itu lumayan seru.

Dan untuk juara MV Sara Bareilles, gue tetap memilih untuk Gravity. Gue suka banget klip musik ini. Penggunaan long take (atau juga disebut long shot) yang konsisten sementara Sara Bareilles bergerak maju melewati banyak 'keindahan' disekitarnya. Banyak banget ornamen-ornamen indah disepanjang MV ini, baik itu siluet bulat bulan dan balon bumi yang bercahaya, payung-payung berwarna-warni yang dibawa orang orang, bintang-bintang, dan ornamen lainnya. Semuanya terlalu indah, manis banget. Gue suka semua detailnya. Bagian terbaiknya adalah saat kamera bergerak memutar mengelilingi Sara pelan, tepat saat dia mengucapkan klimaks "But you keeping me.. down" dengan penuh powerful sementara sekumpulan orang menyalakan cahaya mengelilinginya. Keren banget.


Gue sendiri memang selalu suka dengan tekhnik long take. Baik untuk penggunaannya di sebuah klip musik maupun film. Gue suka dengan long take adegan awal di film Hanung Bramantyo, Catatan Akhir Sekolah. Gue suka long take yang dilakukan Marc Webb untuk Miley Cyrus di Start All Over. Bahkan sampai saat ini gue masih sering ngeliat MV ini lagi, melihat Miley yang masih abg melakukan "kesusahan" dalam tekhnik long take yang keren itu. Iya, keren. Long take itu adalah tekhnik penyutradaraan yang keren.

Long take/long shot itu susah. Karena kamera bergerak baik mundur atau maju tanpa jeda, menyoroti objek tanpa boleh ada cacat, atau bisa dibilang : gak boleh ada salah sama sekali. Miley Cyrus bila melakukan kesalahan sedikit saja ketika melakukan gerak geriknya di MV Start All Over akan berakhir dengan mengulang dari awal lagi, Ramon Y Tungka bila lupa atau menyalahi aturan adegan yang diperintahkan Hanung di CAS sedikit saja maka juga sama, semua harus diulang total lagi. Itulah kenapa buat gue, tekhnik long take itu keren sekali. Keren, karena susah. Keren, karena berisiko. Untuk penggunaan tekhnik long take pada MV grup-grup band/penyanyi Indonesia sendiri gue jarang ngeliat.

Oke, balik ke Gonna Get Over You. MV Sara ini juga menggunakan penggunaan long take meskipun tidak sepenuhnya. Tapi gue lumayan terkejut dengan penampilan Sara disini. Berdandan ala lady rocker dengan jaket kulit berlapis kaos putih,  ia mengikuti gerak kamera sambil menari-nari menuju supermaket. Apa karena gue yang jarang melihat video Sara yang "bukan Sara banget" atau apa, tapi rasanya jarang aja melihat Sara Bareilles leluasa menari-nari di MV-nya yang ini.


Untuk lagunya sendiri, masih dengan komposisi musik ala Uncharted atau Love Song, nada-nada ceria dan aransemen yang easy listening menghentak-hentak di telinga, dan tentu aja suara merdunya Sara yang mengiringinya dengan indah. Ya, Sara Bareilles itu selalu bisa membawa kita ke dunianya yang berwarna.
MV ini cukup simpel. Jonah Hill tidak memaksimalkannya pada penggunaan long take, masih bercampur dengan tekhnik lainnya. Mendekati klimaks akhir, unsur keseruan semakin terasa----apalagi endingnya.
Well, Gonna Get Over You adalah cerita lain yang disajikan Sara Bareilles dengan penampilan 'barunya' dan rasanya lumayan mendengarkannya dikala senggang sambil menikmati setiap muatan energiknya.

Rate
-Song : 3 out of 5 stars
-MV : 3 out of 5 stars.


Comments

  1. konsep videonya gokil, meski sy gag menyangka akan konsepnya seperti itu dan endingnya brilian...album kaleidoscope heart emang salah satu yg terbaik di tahun 2010, love it

    ReplyDelete
  2. @delupher haha iya.. pertama terkejut pas ngeliat MV ini. Dikira itu siapa cewek pake jaket kulit dan dandanan glam rock, bukan sara banget. Tapi emang lucu video klipnya. Apalagi endingnya :D

    Wah, Little Voice aja belum denger semua. moga moga nanti bisa ngereview keduanya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Other side of me

My MUBI

In Theaters